EVALUASI
MEDIA PEMBELAJARAN
Apabila
media dirancang sebagai bagian integral dari proses pembelajaran, ketika
mengadakan evaluasi terhadap pembelajaran itu sudah termasuk pulaevaluasi
terhadap media yang digunakan. Data empiris yang berkaitan dengan media
pembelajaran secara umum bersumber dari jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan
berikut ini.
a.
Pakah
media pembelajaran yang digunakan efektif?
b.
dapatkah
media pembelajaran itu diperbaiki dan ditingkatkan?
c.
Apakah
media pembelajaran itu efektif dari segi biaya dan hasil belajar yang dicapai
oleh siswa?
d.
Keriteria
apa yang digunakan untuk memilih media pembelajaran itu?
e.
Apakah
isi pembelajaran sudah tepat disajikan dengan isi media itu?
f.
Apakah
prinsip-prinsip utama penggunaan media yang dipilih telah diterapkan?
g.
Apakah
media pembelajaran yang dipilih dan digunakan benar-benar menghasilkanhasil
belajar yang direncanakan?
h.
Bagai
mana sikap siswa terhadap media pemeblajaran yang digunakan?
Tujuan
evaluasi media pembelajaran berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan diatas,
yaitu:
a.
Menentukan
apakah media pembelajaran itu efektif.
b.
Menentukan
apakah media itu dapat diperbaiki atau ditingkatkan.
c.
Menetapkan
apakah media itu cost-efektive dilihat dari cara belajar siswa.
d.
Memilih
media pembelajaran yang sesuaiuntuk dipergunakan dalam proses belajar didalam
kelas.
e.
Menetukan
apakah isi pelajaran sudah tepat disajikan dengan media itu.
f.
Menilai
kemampuan guru dengan menggunakanmedia
pembelajaran.
g.
Mengetahui
apakah media pembelajaran itu benar-benar member sumber terhadap hasil belajar
seperti yang dinyatakan.
h.
Mengetahui
sikap siswa terhadap media pembelajaran.
Evaluasi
dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti diskusi dikelas dan kelompok
intervieu perorangan, observasi mengenai perilaku siswa, dan evaluasi media
yang telah tersedia. Dengan melakukan diskusi bersama siswa, kita myngkin dapat
memperoleh informasi bahwa siswa, misalnya lebih menyenangi belajar mandiri
daripada belajar dengan media pilihan kita. Atau siswa tidak suka penyampaian
materi pelajaran kita dengan menggunakan media trasparansi, dan mereka merasa
bahwa mereka cepat belajar lebih banyak lagi jika pelajaran itu disampaikan
melalui video aau filem. Evaluasi bukanlah akhir dari siklus pembelajaran,
tetapi ia merupakan awal suatu siklus pembelajaran berikutnya.
Walker
& Hess (1984:206)memberikan criteria dalam evaluasi perangkat lunak media
pembelajaran yang bedasarkan pada kualitas.
1.
Kualitas
isi dan tujuan:
a.
Ketepatan
b.
Kepentingan
c.
Kelengkapan
d.
Keseimbangan
e.
Minat/
perhatian
f.
Keadilan
g.
Kesesuaian
dengan situasi siswa
2.
Kualitas instuksional:
a.
Memberikan kesempatan belajar
b.
Memberikan
bantuan untuk belajar
c.
Kuaiatas
memotivasi
d.
Fleksibilitas
intruksionalnya
e.
Hubungan
dengan program pembelajaran lainnya
f.
Kualitas
social interaksi instruksionalnya
g.
Kualiatas
tes dan penilaiannya
h.
Dapat
member dampak pada siswa
i.
Dapat
membawa dampak bagi guru dan pembelajarnya
3.
Kualitas
teknis
a.
Keterbacaan
b.
Mudah
digunakan
c.
Kualitas
yampilan/ tayangan
d.
Kualitas
penanganan jawaban
e.
Kualitas
pengelolaan programnya
f.
Kualitas
pendokumentasiannya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar