Jumat, 04 November 2011

BAB V



PENGGUNAAN MEDIA
Salah satu media pembelajaran adalah bahwa media mengandung dan membawa pesan atau informasi kepada penerima yaitu siswa. Dan yang terpenting adalah media itu di siapkan untuk memenuhi kebutuhan belajar dan kemampuan siswa, serta sisa dapat aktif berpartisipasi dalam proses belajar mengajar.
A.    MEDIA BERBASIS MANUSIA
Media berbasis manusia merupakan media tertua yang digunakan untuk mengirimkan dan mengkomunikasikan pesan atau  informasi. Contohnya gaya tutorial Socrates.sistem ini dapat menggabungkan dengan media visual lain. Media ini bermanfaat khususnya bila tujuan kita adalah mengubah sikap atau ingin secara langsung terlibat dengan pemantauan belajar siswa.
Media berbasis manusia menganjurkan dua teknis yang efektif, yaitu rancangan yang berpusat pada manusia dan beertanya ala Socrates. Langkah-langkah rancangan jenis pembelajaran ini adalah sebagai berikut:
1.      Merumuskan maslaah yang relevan
2.      Mengidentifikasi pengetahuan dan ketrampilan yang terkait untuk memcahkan masalah. Gunakan buku teks dan ceramah sebagai sumber untuk menyajikan pengetahuan
3.      Ajarkan mengapa pengetahuan itu penting dan bagai mana pengetahuan itu dapat diterapkan untuk pemecahan masalah
4.      Tuntutan eksplorasi siswa.
a.       Membantu siswa dalam menghubungkan pengetahuan baru dan pengetahuan terdahulu
b.      Membantu siswa membentuk dan menginternalisasi reprentasi masalah atau tugas
c.       Berikan umpan balik mengenai benar atau salahnya jalan pikiran dan jalur pemecahan masalah
d.      Gunakan reprentasi grafik masalah itu yang dihubungkan dengan uraian verbal
5.       Kembangkan masalah dalam konteks yang beragam dengan tahap tingkat kerumitan
6.      Nilai penegetahuan siswa dengan memberikan masalah baru untuk dipecahkan
Penekanan teknik bertanya ala Socrates adalah penjelasan konsep-konsep dan gagasan-gagasan melalui penggunaan pertanyaan-pertanyaan pancingan. Langkah-langkah teknik pembelajaran Socrates adalah sebagai berikut:
a.       Mengidentifikasi pertanyaan heuristic yang meminta siswa berbagi, menganalisis, mengefaluasi, dan mensintesis pekerjaan/ tugas mereka
b.      Pelajaran mungkin bias dimulai dengan diskusi dalam kelompok besar sebagai pembahasan eksplorasi. Siswa kemudian dapat dikelompokan kedalam kelompok-kelompok kecil untuk mendalami isu dan gagasan-gagasan yang muncul pada pembahasan kelompok besar
c.       Menetukan apakah siswa harus belajar/ bekerja bersama-sama dalam kelompok, perorangan, seorang demi seorang, atau secara bebas.
Salah satu factor penting dalam pembelajaran dengan media berbasis manusia ialah rancangan pelajaran yang interaktif. Dengan adanya manusia sebagai pemeran utama dalam proses belajar maka kesempatan interaksi semakin terbuka lebar. Disamping itu pelajaran interaktif mendorong partisipasi siswa dan jika digunakan dengan baik dapat memeprtinggi hasil belajar dan pengalihan pengetahuan.
Beberapa cara yang dapat digunakan sebagai menarik perhatian adalah: (a) memulai pembelajaran dengan memusatkan pada aplikasi isi berbagai isu yang relevan dengan siswa, (b) menginformasikan kepada siswa apa yang diharapkan mereka dapat kerjakan, (c) memulai dengan mengajukan pertanyaan atau mengajukan masalah yang memusatkan perhatian terhadap informasi.

B.     MEDIA BERBASIS CETAKAN
Materi pembelajaran berbasis cetakan yang paling umum dikenal ialah buku teks, buku penuntun, jurnal, majalah dan lembaran lepas. Teks berbasis cetakan menuntut enam elemen yang perlu diperhatikan pada saat merancang, yaitu konsistensi, format, organisasi, daya tarik, ukuran huruf, dan penggunaan sepasi kosong.
Pemebelajaran berbasisteks yang interaktif mulai popular pada tahun 1960-an dengan istilah pembelajaran terprogram yang merupakan materi untuk belaajr mandiri.perancang pembelajaran harus berupaya untuk membuat materi dengan media berbasis teks ini menjadi menarik.
Bebrapa cara yang menarik perhatian pada media berbasis teks adalah warna, huruf, dan kotak. Warna digunakan sebagaialat penuntun dan penarik perhatian kepada informasi yang penting, huruf yang di cetak tebal atau di cetak miring memberikan penekanan pada kata-kata kunci atau judul, informasi penting dapat ula diberi tekanan dengan menggunakan kotak. Penggunaan garis bawah sebagai alat penuntun sedapat mungkin dihindari karena membuat kata itu sulit dibaca.
C.     MEDIA BERBASIS VISUAL
Bentuk visual bias berupa (a) gambar representasi seperti gambar, lukisan atau foto yang menunjukan bagaimana tampaknya suatu benda, (b) diagram yang melakiukan hubungan-hubungan konsep, organisasi dan struktur isi materi, (c) peta yang menunjukan hubungan-hubungan ruang antara unsure-unsur dalam isi matri, (d) grafik seperti table, grafik dan chat yang menyajikan gambar atau angka-angka.
D.    MEDIA BERBASIS AUDIO-VISUAL
Salah satu pekerjaan penting yang diperlukan dalam media audio-visual adalah penulisan naskah dan storyboard yang memerlukan persiapan yang banyak, rancangan, dan penelitian.
Naskah yang menjadi bahan narasi disaring dari isi pelajaran yang kemudian disintesis kedalam apa yang ingin ditunjukan dan dikatakan.
E.     MEDIA BERBASIS KOMPUTER
Computer berperan sebagai menejer dalam proses pembelajaran yang dikenal dengan nama Computer-Managed Instruktion (CMI), ada pula peran computer sebagai pembantu tambahan dalam belajar, pemanfaatannya meliputi penyajian informasi isi materi pelajaran, ltihan atau keduaduanya.
F.      PEMANFAATAN PERUPSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR
Perpustakaan merupakan pusat sarana akademis, perpustakaan menyediakan bahan-bahan pustaka berupa barang cetakan seperti buku, majalah/jurnal ilmiah, peta surat kabar, karya-karya tulis berupa monograf yang belum diterbitkan serta bahan-bahan non-cetak seperti micro-fish, micro-filem, foto-foto, filem, kaset audio video, dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar