PENGGUNAAN
MEDIA
Salah
satu media pembelajaran adalah bahwa media mengandung dan membawa pesan atau
informasi kepada penerima yaitu siswa. Dan yang terpenting adalah media itu di
siapkan untuk memenuhi kebutuhan belajar dan kemampuan siswa, serta sisa dapat
aktif berpartisipasi dalam proses belajar mengajar.
A.
MEDIA
BERBASIS MANUSIA
Media
berbasis manusia merupakan media tertua yang digunakan untuk mengirimkan dan
mengkomunikasikan pesan atau informasi.
Contohnya gaya tutorial Socrates.sistem ini dapat menggabungkan dengan media
visual lain. Media ini bermanfaat khususnya bila tujuan kita adalah mengubah
sikap atau ingin secara langsung terlibat dengan pemantauan belajar siswa.
Media
berbasis manusia menganjurkan dua teknis yang efektif, yaitu rancangan yang
berpusat pada manusia dan beertanya ala Socrates. Langkah-langkah rancangan
jenis pembelajaran ini adalah sebagai berikut:
1.
Merumuskan
maslaah yang relevan
2.
Mengidentifikasi
pengetahuan dan ketrampilan yang terkait untuk memcahkan masalah. Gunakan buku
teks dan ceramah sebagai sumber untuk menyajikan pengetahuan
3.
Ajarkan
mengapa pengetahuan itu penting dan bagai mana pengetahuan itu dapat diterapkan
untuk pemecahan masalah
4.
Tuntutan
eksplorasi siswa.
a.
Membantu
siswa dalam menghubungkan pengetahuan baru dan pengetahuan terdahulu
b.
Membantu
siswa membentuk dan menginternalisasi reprentasi masalah atau tugas
c.
Berikan
umpan balik mengenai benar atau salahnya jalan pikiran dan jalur pemecahan
masalah
d.
Gunakan
reprentasi grafik masalah itu yang dihubungkan dengan uraian verbal
5.
Kembangkan masalah dalam konteks yang beragam
dengan tahap tingkat kerumitan
6.
Nilai
penegetahuan siswa dengan memberikan masalah baru untuk dipecahkan
Penekanan
teknik bertanya ala Socrates adalah penjelasan konsep-konsep dan
gagasan-gagasan melalui penggunaan pertanyaan-pertanyaan pancingan.
Langkah-langkah teknik pembelajaran Socrates adalah sebagai berikut:
a.
Mengidentifikasi
pertanyaan heuristic yang meminta siswa berbagi, menganalisis, mengefaluasi,
dan mensintesis pekerjaan/ tugas mereka
b.
Pelajaran
mungkin bias dimulai dengan diskusi dalam kelompok besar sebagai pembahasan
eksplorasi. Siswa kemudian dapat dikelompokan kedalam kelompok-kelompok kecil
untuk mendalami isu dan gagasan-gagasan yang muncul pada pembahasan kelompok
besar
c.
Menetukan
apakah siswa harus belajar/ bekerja bersama-sama dalam kelompok, perorangan,
seorang demi seorang, atau secara bebas.
Salah
satu factor penting dalam pembelajaran dengan media berbasis manusia ialah
rancangan pelajaran yang interaktif. Dengan adanya manusia sebagai pemeran
utama dalam proses belajar maka kesempatan interaksi semakin terbuka lebar.
Disamping itu pelajaran interaktif mendorong partisipasi siswa dan jika
digunakan dengan baik dapat memeprtinggi hasil belajar dan pengalihan
pengetahuan.
Beberapa
cara yang dapat digunakan sebagai menarik perhatian adalah: (a) memulai
pembelajaran dengan memusatkan pada aplikasi isi berbagai isu yang relevan
dengan siswa, (b) menginformasikan kepada siswa apa yang diharapkan mereka
dapat kerjakan, (c) memulai dengan mengajukan pertanyaan atau mengajukan masalah
yang memusatkan perhatian terhadap informasi.
B.
MEDIA
BERBASIS CETAKAN
Materi
pembelajaran berbasis cetakan yang paling umum dikenal ialah buku teks, buku
penuntun, jurnal, majalah dan lembaran lepas. Teks berbasis cetakan menuntut
enam elemen yang perlu diperhatikan pada saat merancang, yaitu konsistensi,
format, organisasi, daya tarik, ukuran huruf, dan penggunaan sepasi kosong.
Pemebelajaran
berbasisteks yang interaktif mulai popular pada tahun 1960-an dengan istilah
pembelajaran terprogram yang merupakan materi untuk belaajr mandiri.perancang
pembelajaran harus berupaya untuk membuat materi dengan media berbasis teks ini
menjadi menarik.
Bebrapa
cara yang menarik perhatian pada media berbasis teks adalah warna, huruf, dan
kotak. Warna digunakan sebagaialat penuntun dan penarik perhatian kepada
informasi yang penting, huruf yang di cetak tebal atau di cetak miring memberikan
penekanan pada kata-kata kunci atau judul, informasi penting dapat ula diberi
tekanan dengan menggunakan kotak. Penggunaan garis bawah sebagai alat penuntun
sedapat mungkin dihindari karena membuat kata itu sulit dibaca.
C.
MEDIA
BERBASIS VISUAL
Bentuk
visual bias berupa (a) gambar representasi seperti gambar, lukisan atau foto
yang menunjukan bagaimana tampaknya suatu benda, (b) diagram yang
melakiukan hubungan-hubungan konsep, organisasi dan struktur isi materi, (c) peta
yang menunjukan hubungan-hubungan ruang antara unsure-unsur dalam isi matri,
(d) grafik seperti table, grafik dan chat yang menyajikan gambar atau
angka-angka.
D.
MEDIA
BERBASIS AUDIO-VISUAL
Salah
satu pekerjaan penting yang diperlukan dalam media audio-visual adalah
penulisan naskah dan storyboard yang memerlukan persiapan yang banyak,
rancangan, dan penelitian.
Naskah
yang menjadi bahan narasi disaring dari isi pelajaran yang kemudian disintesis
kedalam apa yang ingin ditunjukan dan dikatakan.
E.
MEDIA
BERBASIS KOMPUTER
Computer
berperan sebagai menejer dalam proses pembelajaran yang dikenal dengan nama Computer-Managed
Instruktion (CMI), ada pula peran computer sebagai pembantu tambahan dalam
belajar, pemanfaatannya meliputi penyajian informasi isi materi pelajaran,
ltihan atau keduaduanya.
F.
PEMANFAATAN
PERUPSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR
Perpustakaan
merupakan pusat sarana akademis, perpustakaan menyediakan bahan-bahan pustaka
berupa barang cetakan seperti buku, majalah/jurnal ilmiah, peta surat kabar,
karya-karya tulis berupa monograf yang belum diterbitkan serta bahan-bahan
non-cetak seperti micro-fish, micro-filem, foto-foto, filem, kaset audio
video, dan lain-lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar