Rabu, 26 Oktober 2011

BAB II


FUNGSI DAN MANFAAT MEDIA PENDIDIKAN
Lavie dan lentez (1982) menegmukakan empat fungsi media pembelajaran, khususnya media visual, yaitu (a) fungsi atensi, (b) funsi afektif, (c) funsi kognitif, (d) funsi konfensatoris.
Funsi atensi media visual merupakan inti, yaitu menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi pada isi pelajaran yang berkaitan dengan makna visual yang ditampilkan atau menyertai teks materi pelajaran.
Fungsi afektif media visual dapat terlihat dari tingkat kenikmatan siswa ketika belajar (atau membaca) teks yang bergambar.
Funsi kognitif media visual terlihat dari temuan-temuan penelitian yang mengungkapakan bahawa lambing visual atau gambar memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat informasi atau pesan yang terkandung dalam gambar.
Funsi kompensatoris media pembelajaran terlihat dari hasil penelitian bahwa media visual yang meberikan konteks untuk memahami teks membantu siswa yang lemah dalam membaca untuk mengorganisasikan informasi dalam teks dan mengingatnya kembali.
Media pembelajaran menurut Kemp dan Dayton (1985: 28) , dapat memenuhi tiga fungsi utama apabila media itu digunakan untuk perorangan, kelompok, atau kelompok pendengar yang besar jumlahnya, yaitu (1) memotivasi minat atau tindakan, (2) menyajikan informasi, (3) member instruksi.
Dale (1969: 180) mengemukakan bahwa bahan-bahan audio-visual dapat memberikan banyak manfaat asalkan guru berperan aktif dalam proses pembelajaran hubungan gur-siswa merupakan elemen paling penting dalam sistem pendidikan modern saat ini.guru harus selalu hadir untuk menyajikan materi pelajaran dengan bantuan media apa saja agar manfaat berikut ini dapat terealisasi:
a.       Meningkatkan rasa saling penegertian dan simpati dalam kelas
b.      Membuahkan perubahan signifikan tingkah laku siswa
c.       Menunjukan anatara mata pelajaran dan kebutuhan dan minat siswa dengan meningkatnya motivasi belajar siswa
d.      Membawa kesegaran dan fariasi bagi pengalaman belajar siswa
e.       Membuat hasil belajar lebih bermakna bagi berbagai kemampuan siswa
Dari uraian dan pendapat para ahli di atas dapat disimpulkan bebrapa manfaat praktis dari pengunaan media pengajaran dari proses belajar mengajar sebagai berikut:
1.      Media pembelajaran dapat memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga dapat memperlancar dan meningkatkan proses dan hasil belajar.
2.      Dapat meningkatkan dan mengarahkan perhatian anak sehingga dapat meimblkan motivasi belajar, interaksi yang lebih langsung antara siswa dan lingkungan nya.
3.      Media pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan indera ruang dan waktu.
4.      Dapat memberikan kesamaan pengalaman kepada siswa tentang peristiwa-peristiwa dilingkungan mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar