FUNGSI
DAN MANFAAT MEDIA PENDIDIKAN
Lavie
dan lentez (1982) menegmukakan empat fungsi media pembelajaran, khususnya media
visual, yaitu (a) fungsi atensi, (b) funsi afektif, (c) funsi kognitif, (d)
funsi konfensatoris.
Funsi atensi media visual
merupakan inti, yaitu menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk
berkonsentrasi pada isi pelajaran yang berkaitan dengan makna visual yang
ditampilkan atau menyertai teks materi pelajaran.
Fungsi afektif media visual
dapat terlihat dari tingkat kenikmatan siswa ketika belajar (atau membaca) teks
yang bergambar.
Funsi kognitif media visual
terlihat dari temuan-temuan penelitian yang mengungkapakan bahawa lambing visual
atau gambar memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat
informasi atau pesan yang terkandung dalam gambar.
Funsi kompensatoris media
pembelajaran terlihat dari hasil penelitian bahwa media visual yang meberikan
konteks untuk memahami teks membantu siswa yang lemah dalam membaca untuk
mengorganisasikan informasi dalam teks dan mengingatnya kembali.
Media
pembelajaran menurut Kemp dan Dayton (1985: 28) , dapat memenuhi tiga fungsi
utama apabila media itu digunakan untuk perorangan, kelompok, atau kelompok
pendengar yang besar jumlahnya, yaitu (1) memotivasi minat atau tindakan, (2)
menyajikan informasi, (3) member instruksi.
Dale
(1969: 180) mengemukakan bahwa bahan-bahan audio-visual dapat memberikan banyak
manfaat asalkan guru berperan aktif dalam proses pembelajaran hubungan gur-siswa
merupakan elemen paling penting dalam sistem pendidikan modern saat ini.guru
harus selalu hadir untuk menyajikan materi pelajaran dengan bantuan media apa
saja agar manfaat berikut ini dapat terealisasi:
a.
Meningkatkan
rasa saling penegertian dan simpati dalam kelas
b.
Membuahkan
perubahan signifikan tingkah laku siswa
c.
Menunjukan
anatara mata pelajaran dan kebutuhan dan minat siswa dengan meningkatnya
motivasi belajar siswa
d.
Membawa
kesegaran dan fariasi bagi pengalaman belajar siswa
e.
Membuat
hasil belajar lebih bermakna bagi berbagai kemampuan siswa
Dari
uraian dan pendapat para ahli di atas dapat disimpulkan bebrapa manfaat praktis
dari pengunaan media pengajaran dari proses belajar mengajar sebagai berikut:
1.
Media
pembelajaran dapat memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga dapat
memperlancar dan meningkatkan proses dan hasil belajar.
2.
Dapat
meningkatkan dan mengarahkan perhatian anak sehingga dapat meimblkan motivasi
belajar, interaksi yang lebih langsung antara siswa dan lingkungan nya.
3.
Media
pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan indera ruang dan waktu.
4.
Dapat
memberikan kesamaan pengalaman kepada siswa tentang peristiwa-peristiwa
dilingkungan mereka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar