Kamis, 27 Oktober 2011

BAB III

PENGENALAN BEBERAPA MEDIA
Media pembelajaran dapat dikelompokan kedalam empat kelompok, yaitu (1) media hasil teknologi cetak, (2) media hasil audio-visual, (3) media hasil teknologi yang berdasarkan computer, (4) media hasil gabungan teknologi cetah dan computer.
Teknologi cetak adalah cara untuk menghasilkan atau menyampaikan materi, seperti buku dan materi visual statis terutama melalui proses pencetakan mekanis atau fotografis. Kelompok media hasil teknologi cetak meliputi teks, grafik, foto atau representasi fotografi dan reproduksi. Teknologi cetak memiliki cirri-ciri berikut:
a.       Teks dibaca secara linear, sedangkan visual diamati berdasarkan ruang.
b.      Baik teks dan visual menampilkan komunikasi satu arah dan reseftif.
c.       Teks dan visual ditampilkan statis (diam).
d.      Pengembangannya sangat tergantung kepada  prinsip-prinsip kebahasaan dan persepsi visual.
e.       Baik teks maupun visual berorientasi (berpusat) pada siswa.
f.       Informasi dapat diatur kembali dan ditata ulang oleh pemakai.
Teknologi audio-visual cara menghasil atau menyampaikan materi dengan mesin-mesin mekanis dan elektronik untuk menyajikan pesan-pesan audio dan visual. Pengajaran melalui audio-visual adalah produksi dan penggunaan materi yang penyerapannya melalui pandangan dan pendengaran serta tidak seluruhnya tergantung kepada pemahaman kata atau simbol-simbol yang serupa. Cirri-ciriutama media audio-visual:
a.       Biasanya bersifat linier.
b.      Menyajikan visual yang dinamis.
c.       Digunakan dengan cara yang telah ditetapkan sebelumnya oleh perancang/ pembuatnya.
d.      Umumnya mereka berorientasi kepada guru dengan tingkat pelibatan interaktif yang rendah.
Teknologi berbasis computer merupakan cara mengahsilkan atau menyampaikan materi dengan menggunakan sumber-sumber yang berbasis mikro-prosesor. Beberapa cirri media yang dihasilkan teknologi berbasis computer (baik perangkat keras maupun perangkat lunak) adalah sebagai berikut:
a.       Mereka dapat digunakan secara acak, non-sekuensial, atau secara linier.
b.      Mereka dapat digunakan berdasarkan keinginan siswa atau berdasarkan keinginan perancang/ pengembang sebagaiman direncanakannya.
c.       Pembelajaran dapat berorientasi siswa dan melibatkan interkativitas siswa yang tinggi.
Teknologi gabungan adalah cara untuk menghasilkan dan menyampaikan materi yang menggabungkan pemakaian beberapa bentuk media ysng dikndalikan oleh computer.
Pengertian media mutakhir secara ringkas disajikan  berikut ini :
Telkonference adalah suatu teknik komunikasi dimana kelompok-kelompok yang berada di lokasi geografis berbeda menggunakan mikrofon dan amplifier khusus yang dihubungkan satu dengan yang lainnya sehingga setiap orang dapat berpartisipasi dengan aktif dalam suatu pertemuan besar dan diskusi.
Kuliah jarak jauh (telekture) adalah suatu teknik pengajaran dimana seseorang ahli dalam satu bidang ilmu tertentu menghadapai sekelompok pendengar yang mendengarkan melalui amplifier telepon.
Computer-assisted instruction adalah suatu sistem penyampaian materi pelajaran yang berbasis mikroprosesor  yang pelajarannya dirancang dan deprogram kedalam sistem tersebur.
Sistem tutor intelijen adalah pengajaran denga bantuan computer yang memiliki kemampuan untuk berdialog denga siswa dan melalui dialog itu siswa dapat mengarahkan jalanya pelajaran.
Leshin, Pollock dan Reigeluth (1992)mengklasifikasikan media kedalam lima kelompok, yaitu (1) media berbasis manusia (guru, instruktur, tutor, main peran, kegiatan kelompok, field-trip) (2)media berbasis cetak (buku, penuntun, buku latihan, alat bantu kerja, dan lembaran lepas) (3) media berbasis visual (buku, alatbantu kerja, bagan, grafik, peta, gambar, transparasi, slide) (4) media berbasis audio-visual (video, filem, program slide-tape, televisi) dan (5) media berbasis computer ( pengajaran dengan bantuan computer, interaktif video, hypertext).
Kemp dan Dayton (1985) mengelompokan media kedalam delapan jenis, yaitu (1) media cetak (meliputi bahan-bahan yang disampaikan diatas kertas untuk pengajaran dan informasi, (2) media pajang (digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi didepan kelompok kecil), (3) overhead transparacies, (4) rekaman audiotape (pesan dam pelajaran itu dimaksudkan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa sebagai upaya untuk mendukung terjadinya proses belajar), (5) seri slide dan filmstrips (suatu filem transformasi yang berukuran 35 mm dengan bingkai 2 x 2 inci, bingkai tsb terbuat dari karton atau plastic), (6) penyajian multi image, (7) rekaman video dan filem hidup, (8) computer (computer adalan mesin yang dirancang khusus untuk memanipulasi informasi yang diberi kode, mesin elektronik yang otomatis melakukan pekerjaan dan perhitungan sederhana dan rumit).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar