PENGENALAN BEBERAPA MEDIA
Media pembelajaran dapat dikelompokan kedalam empat kelompok, yaitu
(1) media hasil teknologi cetak, (2) media hasil audio-visual, (3) media hasil
teknologi yang berdasarkan computer, (4) media hasil gabungan teknologi cetah
dan computer.
Teknologi cetak adalah
cara untuk menghasilkan atau menyampaikan materi, seperti buku dan materi
visual statis terutama melalui proses pencetakan mekanis atau fotografis.
Kelompok media hasil teknologi cetak meliputi teks, grafik, foto atau representasi
fotografi dan reproduksi. Teknologi cetak memiliki cirri-ciri berikut:
a.
Teks
dibaca secara linear, sedangkan visual diamati berdasarkan ruang.
b.
Baik
teks dan visual menampilkan komunikasi satu arah dan reseftif.
c.
Teks
dan visual ditampilkan statis (diam).
d.
Pengembangannya
sangat tergantung kepada prinsip-prinsip
kebahasaan dan persepsi visual.
e.
Baik
teks maupun visual berorientasi (berpusat) pada siswa.
f.
Informasi
dapat diatur kembali dan ditata ulang oleh pemakai.
Teknologi audio-visual cara
menghasil atau menyampaikan materi dengan mesin-mesin mekanis dan elektronik
untuk menyajikan pesan-pesan audio dan visual. Pengajaran melalui audio-visual
adalah produksi dan penggunaan materi yang penyerapannya melalui pandangan dan
pendengaran serta tidak seluruhnya tergantung kepada pemahaman kata atau
simbol-simbol yang serupa. Cirri-ciriutama media audio-visual:
a.
Biasanya
bersifat linier.
b.
Menyajikan
visual yang dinamis.
c.
Digunakan
dengan cara yang telah ditetapkan sebelumnya oleh perancang/ pembuatnya.
d.
Umumnya
mereka berorientasi kepada guru dengan tingkat pelibatan interaktif yang
rendah.
Teknologi berbasis computer merupakan
cara mengahsilkan atau menyampaikan materi dengan menggunakan sumber-sumber
yang berbasis mikro-prosesor. Beberapa cirri media yang dihasilkan teknologi
berbasis computer (baik perangkat keras maupun perangkat lunak) adalah sebagai
berikut:
a.
Mereka
dapat digunakan secara acak, non-sekuensial, atau secara linier.
b.
Mereka
dapat digunakan berdasarkan keinginan siswa atau berdasarkan keinginan
perancang/ pengembang sebagaiman direncanakannya.
c.
Pembelajaran
dapat berorientasi siswa dan melibatkan interkativitas siswa yang tinggi.
Teknologi gabungan adalah
cara untuk menghasilkan dan menyampaikan materi yang menggabungkan pemakaian
beberapa bentuk media ysng dikndalikan oleh computer.
Pengertian
media mutakhir secara ringkas disajikan
berikut ini :
Telkonference adalah suatu
teknik komunikasi dimana kelompok-kelompok yang berada di lokasi geografis
berbeda menggunakan mikrofon dan amplifier khusus yang dihubungkan satu dengan
yang lainnya sehingga setiap orang dapat berpartisipasi dengan aktif dalam
suatu pertemuan besar dan diskusi.
Kuliah jarak jauh (telekture)
adalah suatu teknik pengajaran dimana seseorang ahli dalam satu bidang ilmu
tertentu menghadapai sekelompok pendengar yang mendengarkan melalui amplifier
telepon.
Computer-assisted instruction adalah
suatu sistem penyampaian materi pelajaran yang berbasis mikroprosesor yang pelajarannya dirancang dan deprogram
kedalam sistem tersebur.
Sistem
tutor intelijen adalah pengajaran denga bantuan computer yang memiliki
kemampuan untuk berdialog denga siswa dan melalui dialog itu siswa dapat
mengarahkan jalanya pelajaran.
Leshin,
Pollock dan Reigeluth (1992)mengklasifikasikan media kedalam lima kelompok,
yaitu (1) media berbasis manusia (guru, instruktur, tutor, main peran, kegiatan
kelompok, field-trip) (2)media berbasis cetak (buku, penuntun, buku
latihan, alat bantu kerja, dan lembaran lepas) (3) media berbasis visual (buku,
alatbantu kerja, bagan, grafik, peta, gambar, transparasi, slide) (4) media
berbasis audio-visual (video, filem, program slide-tape, televisi) dan (5)
media berbasis computer ( pengajaran dengan bantuan computer, interaktif video,
hypertext).
Kemp
dan Dayton (1985) mengelompokan media kedalam delapan jenis, yaitu (1) media
cetak (meliputi bahan-bahan yang disampaikan diatas kertas untuk pengajaran dan
informasi, (2) media pajang (digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi
didepan kelompok kecil), (3) overhead transparacies, (4) rekaman
audiotape (pesan dam pelajaran itu dimaksudkan untuk merangsang pikiran,
perasaan, perhatian, dan kemauan siswa sebagai upaya untuk mendukung terjadinya
proses belajar), (5) seri slide dan filmstrips (suatu filem transformasi yang
berukuran 35 mm dengan bingkai 2 x 2 inci, bingkai tsb terbuat dari karton atau
plastic), (6) penyajian multi image, (7) rekaman video dan filem hidup, (8)
computer (computer adalan mesin yang dirancang khusus untuk memanipulasi
informasi yang diberi kode, mesin elektronik yang otomatis melakukan pekerjaan
dan perhitungan sederhana dan rumit).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar